12 Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

12 Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang 12 manfaat buah timun bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan tubuh

Setelah pada pembahasan sebelumnya anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang dimiliki oleh mentimun, maka pada pembahasan kali ini anda akan mengetahui manfaat makan mentimun untuk kesehatan tubuh.

Karena pada dasarnya manfaat makan mentimun untuk kesehatan sangatlah banyak. Bahkan tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, ketimun juga memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah.

Kandungan Nutrisi Buah Timun

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat makan mentimun untuk kesehatan, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan mentimun tersebut. Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa mentimun memiliki kandungan air yang tinggi.

Namun selain itu mentimun ternyata juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja bahan dari mentimun? Berikut kandungan nutrisi mentimun dalam setiap 100 gramnya.

  • Air sebanyak 95,23g
  • Karbohidrat sebanyak 3.63g
  • Protein sebanyak 0.65g
  • Lemak sebanyak 0.11g
  • Gula sebanyak 1.67g
  • 0,5g serat
  • Kalori sebanyak 15kkal
  • Vitamin B1 (Tiamin) sebanyak 0,027mg
  • Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,033mg
  • Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0,098mg
  • Vitamin B5 (Asam pantotenat) sebanyak 0,259 mg
  • Vitamin B9 (Folate) sebanyak 7µg
  • 2,8 mg Vitamin C.
  • Vitamin K sebanyak 16,4 µg
  • 147 mg kalium
  • Besi sebanyak 0,28mg
  • Kalsium sebanyak 16 mg
  • Fosfor sebanyak 24mg
  • 2mg natrium
  • Magnesium sebanyak 13 mg
  • Seng (Zinc) sebanyak 0,2 mg
  • Kalium sebanyak 136mg
Baca Juga:  15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Semua nutrisi tersebut akan Anda dapatkan setiap kali mengonsumsi satu buah ketimun. Namun untuk memaksimalkan nutrisi yang didapatkan, Anda bisa langsung memakannya tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Pasalnya, mengupas kulit mentimun hanya akan mengurangi jumlah serat, vitamin dan mineral tertentu.

Manfaat Buah Timun

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang terkandung pada buah timun bagi kesehatan tubuh yaitu:

Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah Timun merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Misalnya, digunakan untuk mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Anda bisa mengoleskan kulit mentimun pada bagian kulit yang teriritasi. Buah timun juga memiliki kandung sulfur dan silikon untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, irisan mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan sembab di bawah mata.

Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat terbaik dari mengonsumsi mentimun adalah membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang dibutuhkan sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Melawan Kanker

Mentimun mengandung 3 lignan yaitu pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol yang membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim.

Mengurangi Sakit Kepala dan Mabuk

Bangun di pagi hari dan mengunyah beberapa irisan mentimun sebelum tidur dapat membantu meredakan sakit kepala dan mabuk. Ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula, dan elektrolit untuk membantu mengisi kembali beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Sejumlah peneliti ditemukan. Mentimun mengandung “sterol”, yang merupakan senyawa yang membantu menurunkan kolesterol Anda. Untuk itu rajinlah mengonsumsi buah mentimun.

Mengontrol Tekanan Darah

Mentimun mengandung magnesium, potasium, dan serat, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Saat Anda mengonsumsi mentimun, tekanan darah tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Baca Juga:  Manfaat Buah Sawo yang Baik Untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Mentimun merupakan salah satu makanan yang rendah kalori sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Mentimun juga bisa membantu Anda mencapai berat badan yang ideal.

Meredakan Nyeri Sendi

Mentimun merupakan salah satu sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, asam folat, kalium, magnesium dan vitamin A, C, D, B1 dan B6.

Mengatasi Bengkak di Sekitar Mata

Manfaat mentimun yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu lama atau bekerja terlalu lama di depan komputer. Caranya yaitu dengan memotong mentimun menjadi irisan-irisan tipis lalu menaruhnya di kedua mata dan melakukannya sambil berbaring selama 15 menit.

Melindungi tulang

Mentimun adalah sumber vitamin K yang baik. Secangkir mentimun mengandung 22 persen dari tunjangan harian vitamin K. Vitamin ini penting untuk kesehatan tulang karena rendahnya asupan vitamin K telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. tulang. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan asupan kalsium pada tulang.

12 Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Tubuh

Mencegah Sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat tidak larut. Air dan serat dalam mentimun dapat membantu mencerna makanan dengan lebih cepat dan mudah yang pada akhirnya membantu mencegah sembelit.

Bagus untuk Wanita Hamil

Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, zinc dan asam folat pada mentimun dapat menunjang perkembangan janin di dalam rahim. Selain itu, kandungan kolagen pada mentimun juga akan membantu mengurangi lemak perut yang merupakan efek dari kehamilan.

Nah itulah tadi Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.