Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Diposting pada

Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat yang terkandung dari bunga kantil.

Manfaat Bunga Kantil

Bunga kantil atau disebut juga dengan bunga cempaka adalah salah satu bunga yang cukup terkenal dan merupakan bunga yang memiliki banyak mitos, bunga cempaka yang paling populer di indonesia adalah bunga kantil putih.

Banyak orang percaya pada mitos bahwa wangi bunga yang indah sangat populer di kalangan arwah dan pohon dari tumbuhan bunga magnolia menjadi rumah bagi arwah. Namun bunga kantil juga mempunyai banyak manfaat apa saja itu? Mari skita simak penjelasan dibawah ini.

Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat bunga kantil untuk kesehatan, yaitu:

Mengobati Batuk

Kembang kantil dan ramuan ramuan lainnya dipercaya dapat menyembuhkan batuk, cara bunga kantil, kulit jeruk mandarin kering, dan jahe direbus menggunakan air sampai mendidih dan airnya tinggal setengahnya, minum ekstrak airnya. Sehari 2 kali, agar rasanya manis bisa campur madu.

Dapat Mengobati Vertigo

Vertigo adalah sakit kepala yang menimbulkan sensasi berputar-putar pada penderitanya, Anda bisa mengobatinya dengan bunga.

Rebus 6 – 8 bunga kantil kering dengan air secukupnya sampai mendidih, lalu minum air rebusan rusa selagi hangat.
Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bunga kantil juga dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan seperti maag, mual dan seperti gangguan pecernaan yang lainnya ini bisa dibantu dengan menggunakan bunga kantil.

  • 5 – 7 kuntum bunga kantil kering
  • 3 butir kapulaga
  • 5 gram kulit jeruk keprok kering
  • 15 gram jahe
  • Air
Baca Juga:  15 Manfaat Kemiri yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga kantil Untuk Kecantikan

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan bunga kantil juga bermanfaat untuk kecantikan apa saja itu?

Untuk Pewangi Rambut

Banyak orang yang menempelkan bunga kuping di telinganya, selain sebagai hiasan juga bisa membuat rambut wangi.

Mengurangi Bau Badan

Khasiat bunga dapat mengurangi bau badan, dengan cara direbus hingga mendidih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

Membuat Awet Muda

Bunga kantil juga dipercaya dapat membuat semua orang awet muda bagi siapa saja yang memakannya. Meskipun belum ada dalam penelitiannya namun kebanyakaan masyarakat mempercayai mitos tersebut.

Jenis Bunga Cempaka

Bunga cempaka merupakan tumbuhan tropis dan sub tropis, bunga cempaka tersebar di daerah-daerah seperti Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Cina Selatan. Di alam bebas terdapat sekitar 50 jenis bunga kantil.

Di Indonesia terdapat 4 jenis bunga kantil yaitu cempaka pitih, cempaka kuning, cempaka merah dan cempaka ungu yang tersebar di Sumatera, Jawa, Maluku dan Sulawesi. Berikut adakah beberapa jenis dari bunga cempaka.

Bunga Cempaka Putih (kantil)

Bunga cempaka putih atau bunga kantil yang memiliki nama latin michelia alba merupakan bunga cempaka yang paling populer di indonesia dibandingkan dengan jenis bunga krisan lainnya, bunga kantil dapat tumbuh hingga 30 meter.

Tanaman Cempaka memiliki ciri-ciri yaitu terdapat bulu halus pada ranting yang berwarna keabu-abuan, daun tanaman ini berwarna hijau cerah, bunga kantil berwarna hijau pada saat masih muda, dan pada saat mekar akan memutih.

Bunga kantil banyak digunakan terutama bagi masyarakat jawa untuk upacara-upacara seperti pernikahan, mandi pusaka, dan taburan untuk acara kematian.

Bunga Cempaka Merah

Bunga krisan merah merupakan salah satu jenis bunga yang jarang ditemukan dan tidak terlalu populer di Indonesia, namun bunga cempaka merah tetap terlihat cantik dengan warna merah muda yang tumbuh di ujung cabang.

Baca Juga:  Manfaat Buah Lontar yang Baik Untuk Kesehatan

Kelangkaan bunga cempaka merah ini dikarenakan bunga cempaka merah hanya mekar selama 2 jam, setelah itu akan layu dan akan menjadi cempaka biasa, bunga cempaka merah juga memiliki aroma wangi yang khas.

Bunga cempaka merah merupakan tanaman yang sulit berkembang biak karena itu bunga cempaka merah termasuk jenis yang langka, di pasaran harga bunga cempaka merah mencapai harga 1 – 3 juta rupiah.

Bunga Cempaka Ungu

Bunga cempaka ungu juga merupakan jenis bunga chrysolite yang memiliki wangi yang khas, bunga chrysolite ungu yang mempunyai nama latin agnolia Liliaflora mampu menarik perhatian para pecinta tanaman hias dengan warna bunganya yang ungu cerah dan aroma wangi yang khas.

Bunga krisan ungu mempunyai daun yang agak di cabang karena ditumbuhi banyak bunga, krisan ungu dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan bunganya mekar di awal musim hujan.

Bunga Cempaka Kuning

Bunga cempaka kuning memiliki aroma yang paling harum dibandingkan dengan jenis cempaka lainnya karena sering juga disebut cempaka wangi.

Bunga cempaka kuning memiliki warna bunga kuning sesuai dengan namanya, daunnya berbentuk telur dengan warna hijau cerah, tanaman cempaka kuning bisa tumbuh hingga 25 bila sudah dewasa.

Nah itulah tadi Manfaat Bunga Kantil Untuk Kesehatan dan Kecantikan dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.