Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam binahong dengan baik dan benar.

Manfaat Bunga Kenanga

Kenanga atau bahasa latin dari Cananga odorata merupakan sebutan untuk jenis bunga dan pohon. Ada beberapa jenis bunga kenanga, yaitu kenanga biasa atau disebut juga dengan (Macrophylla) dan ylang Filipina (genuina). Selain itu juga dikenal dengan nama Kenanga Perdu (Cananga odorata fruticosa) yang biasanya ditanam di pekarangan sebagai hiasan. Selain dijadikan sebagai bunga hiasan rumah, ternyata bunga kenanga memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang belum banyak diketahui orang.

Aromaterapi

Kandungan minyak atsiri pada bunga kenanga dapat digunakan sebagai bahan alternatif pembuatan parfum aromaterapi. Kandungan minyak tersebut dipercaya dapat membantu mengatur kelenjar adrenal yang terdapat pada sistem saraf.

Mengatasi Kulit Kering

Ekstrak bunga kenanga warna kuning kehijauan biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun. Biasanya untuk menyeimbangkan kandungan minyak di kulit kita. Sangat cocok untuk orang dengan kulit kering.

Bahan Luluran

Manfaat bunga kenanga selalu banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan terutama bagi keluarga bangsawan sebagai bahan untuk kebersihan diri seperti lulur dan masker. Berkat penggunaan minyak bunga kenanga, kulit dan wajah menjadi halus dan lembut.

Mencegah Bau Badan

Bau badan tak sedap bisa diatasi dengan mengonsumsi bumbu dari bunga kenanga sebanyak 15 gram dan gula batu secukupnya dalam 600 ml air bersih hingga air rebusannya tinggal separuh. Setelah disaring, segera konsumsi ramuan herbal ini.

Baca Juga:  15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Mengobati Penyakit Kuning

Menurut salah seorang pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda Yogyakarta bernama R. Broto Sudibyo menyimpulkan manfaat bunga yang ditarik dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning yang tidak disebabkan dari hepatitis. Ramuan zikir hampir tidak memiliki efek samping.

Mengatasi Demam Saat Nifas

Seorang wanita yang sedang dalam masa nifas seringkali mengalami gangguan kesehatan seperti demam. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan ramuan dari bunga kenanga yang ditumbuk halus bersama bahan lain seperti bunga turi merah, jahe, kunyit, lengkuas dan asam.

Mengatasi Encok (Rematik)

Untuk mengatasi asam urat atau yang sering disebut rematik, biasanya bunga kenanga yang tidak berdarah +/- 12 kuncup lalu dengan ramuan lain seperti daun srikaya +/- 30 gram, daun ketapang +/- 20 gram, jahe + ditumbuk halus / – 20 gram, 10 butir merica dan kapur sirih sebagai obat gosok untuk dioleskan pada bagian tubuh yang terasa nyer i. Ini harus dilakukan setidaknya dua kali sehari.

Mengobati Scabies

Bunga kenanga juga dapat digunakan untuk mengobati kudis atau dikenal dengan Scabies. Caranya, oleskan efek +/- 50 gram bunga kenanga yang dipanaskan sebentar dengan minyak goreng pada kulit yang terkena.

Mengobati Sakit Kepala

Jika pusing, coba rebus bunga kenanga dan jahe masing-masing potong menjadi +/- 15 gram, bersama 400 ml air. Biarkan mendidih dan biarkan air tinggal setengahnya. Segera minum ramuan tersebut selagi

masih hangat.Mengobati Sesak Napas

Jika pusing, coba rebus bunga kenanga dan jahe masing-masing potong menjadi +/- 15 gram, bersama 400 ml air. Biarkan mendidih dan biarkan air tinggal setengahnya. Segera minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

Baca Juga:  16 Manfaat Petai Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Keputihan

Banyak wanita membenci keputihan dan mencari cara untuk mengatasinya. Hal tersebut harus segera diatasi karena keputihan sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, dipercaya kandungan bunga kenanga akan membantu anda mengatasi keputihan.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh

Perawatan Jerawat

Jika anda mempunyai masalah pada jerawat, anda bisa mencoba menggunakan Minyak Bunga Kenanga untuk mengobatinya. Karena minyak kenanga tidak mengeringkan area di sekitar jerawat seperti produk perawatan kulit lain yang khusus menargetkan jerawat.

Anti Penuaan

Apakah Anda sedang mencari produk anti penuaan yang murah? Anda dapat mencoba minyak bunga kenanga dan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Minyak kenanga juga bisa mencegah kemunculan garis-garis halus dan tanda-tanda dari penuaan yang lainnya.

Nah itulah tadi Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan Tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.