15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang 15 manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang enak, manfaat jengkol sangat baik untuk kesehatan Anda. Bagi anda yang kurang menyukai jengkol, mungkin anda harus mengetahui beberapa manfaat jengkol yang baik. Berikut ini termasuk:

Sumber Protein

Seperti yang Anda ketahui, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup. Umumnya asupan protein Anda dapatkan dari daging, tahu, tempe, susu, dan makanan lainnya. Tahukah Anda kalau jengkol bisa menjadi sumber protein? Diyakini juga bahwa kandungan protein pada jengkol melebihi kandungan protein pada kacang hijau. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak terlalu banyak mengonsumsi jengkol dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Segala sesuatu yang boros tidak ada gunanya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jengkol mengandung banyak antioksidan yang sangat efektif untuk tubuh menangkal radikal bebas dan memperlancar peredaran darah. Bagi anda yang mengkonsumsi jengkol sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Menangkal Radikal Bebas

Jika tubuh kekurangan antioksidan, racun atau radikal bebas bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan berbagai penyakit. Mulai saat ini Anda harus lebih rajin mengkonsumsi jengkol secara rutin. Hal ini dikarenakan jengkol mengandung banyak antioksidan yaitu polifenol, terpenoid dan alkaloid yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan gangguan metabolisme lainnya.

Baca Juga:  Manfaat Dari Buah Dewandaru Untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit Maag

Kebiasaan menunda makan atau telat makan menyebabkan penyakit maag. Jika Anda mengalami maag, itu mempengaruhi perut Anda dan tentunya sangat berbahaya. Manfaat mengkonsumsi jengkol secara rutin dapat mencegah terjadinya gangguan lambung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang mengonsumsi jengkol cenderung terlindungi dan terhindar dari gangguan pencernaan seperti maag.

Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat berperan dalam pembentukan jaringan di dalam tubuh. Kandungan protein jengkol jauh lebih tinggi dibanding kandungan protein pada kacang hijau dan keledai.

Mencegah Anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi, dimana zat besi berperan sangat penting dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda tahu bahwa produksi sel darah merah menurun ketika tubuh kekurangan zat besi. Akibatnya suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel di dalam tubuh berkurang.

Melancarkan Menstruasi

Efek kekurangan oksigen dan suplai nutrisi ke sel mengurangi fungsi atau kinerja sel. Tak heran jika seseorang kekurangan zat besi mereka akan terlihat lemas, sedikit lelah dan putus asa. Nah bagi Anda para wanita jika mengalami haid dianjurkan makan jengkol agar tubuh tidak kekurangan zat besi karena banyaknya darah haid yang mengalir keluar dari tubuh.

Mencegah Tulang Rapuh dan Memperkuat Tulang dan Gigi

Selain zat besi dan protein, zat lain dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Kedua zat tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang rapuh (osteoporosis). Begitulah seberapa sering Anda mengonsumsi jengkol dalam porsi yang cukup untuk memperkuat tulang di tubuh Anda.

Baca Juga:  Manfaat Buah Kelengkeng yang Baik Untuk Kesehatan

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Jengkol bersifat diuretik (pengeluaran urine akan lancar). Pengeluaran urine yang lancar sangat baik untuk penderita penyakit jantung. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi buah jengkol.

Merampingkan Perut

Jengkol juga bisa membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar buang air besar sehingga secara tidak langsung membuat perut menjadi langsing. Salah satu penyebab perut buncit seseorang adalah buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

Mencegah Diabetes

Hebatnya, jengkol bisa mencegah penyakit diabetes. Jengkol memiliki zat yang tidak ditemukan pada bahan makanan lain. Zat ini disebut asam jengkolat. Asam jengkolat membentuk kristal yang tidak larut dalam air. Karena sifat diuretiknya, jengkol tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak bisa menyaring buah jengkol-jengkolat. Akibatnya, ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat yang sulit untuk berhenti buang air kecil.

Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir ke jantung tidak lancar. Kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah yang menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkolnya maksimal, sebaiknya jengkolnya tidak terlalu matang.

15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Sembelit pada Wanita Hamil

Wanita hamil sering mengalami sembelit. Kandungan serat dalam jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat dalam jengkol membantu pencernaan dan buang air besar. Tapi tetap jangan terlalu banyak makan jengkol. Makan jengkol sesuai takaran yang dianjurkan.

Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Janin Masih Dalam Kandungan

Jengkol juga memiliki efek positif pada pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan. Tulang dan gigi dapat tumbuh dengan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada jengkol.

Baca Juga:  14 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Menstabilkan Organ Vital dalam Tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Ini terlihat berbeda jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6. Tak heran jika ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan kaya asam folat untuk tumbuh kembang janin. Salah satu contoh nutrisi yang kaya asam folat adalah jengkol. Namun perlu diingat konsumsi jengkol sudah cukup. Jangan berlebihan karena konsumsi jengkol yang berlebihan tidak memberikan efek yang baik untuk ginjal.

Nah itulah tadi Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.