Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat dari buah kurma muda.

Manfaat Buah Kurma Muda

Kurma merupakan buah yang sangat digemari terutama di bulan Ramadhan. Namun, tidak jarang orang mengonsumsinya secara rutin karena kurma memiliki banyak manfaat. Biasanya kurma disajikan kering dengan warna hitam kecoklatan.

Namun ada juga buah kurma yang dihidangkan saat masih berwarna kuning kehijauan atau disebut juga kurma. Ada rumor yang menyebutkan bahwa kurma sangat berkhasiat, terutama bagi pasangan yang menginginkan buah hati. Berikut manfaat kurma muda untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa kurma muda sangat baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kadar vitamin A dan antioksidan pada kurma muda cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Makanlah kurma muda secara rutin agar fungsi mata Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Meningkatkan Daya Ingat

Siapa yang suka cepat lupa? Jika dibiarkan, Anda bisa cepat pikun di usia tua. Sebagai tindakan pencegahan, makanlah kurma. Manfaat buah kurma muda adalah dapat meningkatkan daya ingat. Kurma muda mengandung tinggi kalium dan kalium merupakan zat yang dibutuhkan otak. Jika Anda rutin makan kurma, otak Anda bisa tampil maksimal.

Detoksifikasi Tubuh

Manfaat ketiga kurma muda adalah detoksifikasi tubuh. Pakar kesehatan Islam menganjurkan untuk mengonsumsi kurma muda sekaligus kurma matang dalam waktu bersamaan. Kurma memiliki tekstur yang kering dan sejuk, sehingga biasanya lembap dan hangat. Perbedaan sifat kedua kurma ini dipercaya mampu menetralkan obat-obatan, makanan, dan racun dalam tubuh.

Baca Juga:  Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Hipertensi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit mematikan yang diderita banyak orang di Indonesia. Mungkin dari makanan Indonesia yang buruk, terutama setelah Lebaran, yang makanannya santan dan lebih banyak karbohidrat daripada serat dan protein.

Selain sebagai obat tekanan darah tinggi, ternyata kurma juga bisa bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena kurma muda memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dapat menekan kelebihan natrium (garam) yang biasanya dimiliki penderita tekanan darah tinggi.

Kemudian kurma muda juga mengandung magnesium, mineral yang bisa menjaga pembuluh darah tetap lebar sehingga darah bisa mengalir dengan mudah. Anda hanya perlu makan 5 buah kurma sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium harian Anda.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Anda dapat menurunkan risiko kanker dengan makan kurma. Manfaat kurma muda berasal dari kandungan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari kanker paru-paru dan kanker mulut.

Senyawa beta-D-glukan (antioksidan) yang terkandung pada buah kurma juga dapat melawan radikal bebas yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kanker. Studi ini dipublikasikan di Journal of Clinical and Experimenta Medicine.

Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat kurma muda selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan wanita. Bukan rahasia lagi kalau kurma bermanfaat untuk membantu wanita yang ingin cepat hamil.

Kurma mengandung hormon botosin, yang merangsang gerak peristaltik di pembuluh darah dan rahim wanita. Inilah mengapa kurma membantu meningkatkan kesuburan wanita.

Mencegah Pendarahan Rahim

Selain bisa meningkatkan hormon agar cepat hamil, keuntungan lain dari kurma adalah bisa mencegah pendarahan. Kurma mengandung hormon bitosin yang digunakan untuk mencegah masalah serius pada rahim seperti pendarahan.

Melancarkan Proses Kelahiran

Telah ditemukan bahwa kurma muda mampu meningkatkan hormon dan memelihara rahim. Mereka juga efektif untuk memperlancar proses kelahiran. Kurma mengandung hormon oksitosin yang membantu mengontrak otot polos dinding rahim.

Baca Juga:  Jenis Sayuran Akar Yang Sehat Dan Juga Manfaatnya Bagi Tubuh

Melancarkan ASI

Tidak berhenti sampai disitu, kurma tetap bisa bermanfaat untuk bayi dan ibunya. Manfaat kurma muda selanjutnya adalah baik untuk kelancaran menyusui. Jika biasanya orang Indonesia menggunakan daun katuk untuk produksi ASI, kini Anda juga bisa mengonsumsi kurma. Kurma mengandung oksitosin yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat lain kurma muda adalah untuk kecantikan kulit dan rambut. Kebanyakan para wanita daerah timur tengah kurma muda digunakan sebagai perawatan kecantikan. Kurma mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit serta untuk hidrasi kulit yang tepat. Kurma juga efektif untuk mengatasi rambut rontok karena mengandung vitamin B.

Melancarkan Gangguan Pada Pencernaan

Kurma mengandung banyak serat dan karenanya baik untuk pencernaan. Selain itu juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan cara ini Anda menghindari gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Menstabilkan Gula Darah

Bagi yang memiliki riwayat atau berisiko terkena diabetes, kurma bisa menjadi pilihan terbaik untuk menstabilkan gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan kurma muda lebih rendah dari pada kurma tua.

Mengatasi Dehidrasi

Kurma muda mengandung lebih banyak air daripada kurma kering. Jika Anda haus atau dehidrasi, kurma bisa menjadi pilihan untuk asupan cairan tubuh Anda.

Nah itulah tadi Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.