manfaat lidah buaya

27 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan & Kesehatan

Diposting pada

27 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan & Kesehatan – Siapa sih yang ‘nggak tahu sama manfaat lidah buaya, padahal tanaman yang mempunyai nama aloe vera ini punya segudang manfaat  yang bisa temen-temen rasakan, nah berikut ini 12 manfaat lidah buaya bagi kecantikan dan 15 manfaat bagi kesehatan.

Manfaat lidah buaya bagi kecantikan

Lidah buaya mempunyai banyak sekali manfaat bagi kecantikan. Mungkin temen-temen sudah tidak asing dengan produk-produk kecantikan yang mengandung ekstrak lidah buaya. Nah, dibawah ini kita akan memberikan sedikit bocoran mengenai manfaat lidah buaya bagi kecantikan sebagai berikut:

Melembabkan Kulit

Lidah buaya mengandung air yang sangat banyak dan sangat cocok untuk menghidrasi kulit kita, sangat banyak sekali dijual di pasaran lidah buaya dalam bentuk gel agar lebih mudah dalam pengaplikasianya, nah jika temen-temen mempunyai tanaman lidah buaya sendiri dirumah, kalian bisa loh membuat masker yang alami sendiri.

Caranya sangat mudah, temen-temen siapkan lidah buaya bersihkan dari kulitnya dan ambil bagian dagingnya, lalu temen-temen siapkan juga mentimun, lalu haluskan keduanya, temen-temen bisa gunakan blander untuk hasil yang lebih lembut sehingga tidak ada gumpalan sama sakali, oleskan pada wajah dan leher, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

Mengatasi kulit terbakar

Rasa dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya mampu mengurangi  rasa tidak nyaman pada kulit akibat terbakar sinar matahari, dan juga lidah buaya mengandung zat anti peradangan yang membantu mampercepat pemulihan luka.

Mengatasi Plak Gigi

Makanan yang kita makan setiap hari selalu meninggalkan sisa-sisa pada mulut dan gigi dan menimbulkan plak yang menempel pada gigi, sangat banyak sekali cara-cara meluruhkan plak pada gigi diantaranya menggunakan lidah buaya ini, temen-temen bisa gunakan lidah buaya sebagai obat kumur, itu karna lidah buaya bersifat antiseptic dan anti mikroba sehingga efeknya hampir menyerupai obat.

Baca Juga:  Pengertian Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Lidah buaya sebagai obat jerawat

Siapa sih yang enggak pernah dihinggapi sama simungil ini, sepertinya temen-temen semua hampir pernah merasakan gimana menjengkelkanya si jerawat ini, nah sifat lidah buaya ini yang mengandung antibakteri dan antioksidan sehingga mampu untuk mencegah penyebaran bakteri penyebab jerawat dan juga menjaga kulit tetap  halus dan menjaga kulit tetap terjaga kebersihanya.

Caranya mudah ko temen-temen, cukup ambil segelas gel lidah buaya dan campurkan dengan satu sendok madu organic, aduk hingga merata dan aplikasikan pada wajah, tunggu sekira 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Mengurangi kerontokan rambut

Pasti sedih banget kan ya kalau rambut kita mengalami kerontokan, apalagi kalau kerontokannya  sangat intens, itu bisa mengakibatkan kebotakan. Sebelum mengalami hal itu, yuk kita rawat sebelum rambut kita mengalami kerontokan, caranya oleskan lidah buaya yang sudah dihaluskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut, tunggu selama 20 menit lalu bilas rambut dan keramas seperti biasnya, kandungan enzim Lidah buaya bernama proteolytic yang sangat bermanfaat memperbaiki sel-sel mati pada kulit kepala. sehingga kulit kepala yang sehat dan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih tebal dan terbebas dari kerontokan.

Rambut bebas dari radikal bebas

Paparan sinar matahari dan radikal bebas akan membuat rambut kita tidak sehat, dengan mengaplikasikan lidah buaya pada rambut akan membentuk lapisan yang dapat melindungi rambut dari pengaruh buruk lingkungan sekitar dan juga rambut akan tetap terhidrasi.

Membuat ketombe pergi jauh

Kulit kepala yang tidak sehat akan terkena infeksi jamur dan juga kutu rambut, akibatnya akan terasa gatal yang mengganggu, lalu temen-temen akan menggaruknya, maka akan timbul serpihan-serpihan kulit kepala, begitulah ketombe terbentuk, tentu akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman, mengaplikasikan gel lidah buaya akan berdampak akan kesehatan kulit kepala yang berarti pula ketombe tidak akan pernah temen-temen rasakan.

Lidah buaya sebagai condisioner yang baik

Campurkan air dan gel lidah buaya dengan perbandingan 1:1. Lalu temen-temen teteskan essential favorit temen-temen, masukan kedalam botol spray, kocok. Semprotkan pada rambut dan tentunya conditioner tanpa diblias.

Mencegah kekeriputan pada kulit

Jika elastisitas kulit menurun maka akan terjadi  kulit kendur dan keriput, nah salah satu manfaat lidah buaya bagi kecantikan yaitu untuk meningkatkan kolagen dan kelembaban pada kulit, untuk mencegah salah satu tanda penuaan tersebut, temen-temen bisa memilih produk anti aging yang mengandung lidah buaya untuk perawatan kulit temen-temen agar tetep kencang dan kenyal.

Baca Juga:  Manfaat Buah Srikaya yang Baik Untuk Kesehatan

Masker lidah buaya yang melembabkan

Tmen-temen bisa ambil lendir lidah buaya dan ¼ cangkir air perasan buah lemon lalu memblendernya, lalu masukkan ke dalam kulkas dan gunakan sebagai masker setiap sebelum tidur. Bilas dengan air hangat maka wajah temen-temen akan lembab dan terhindar dari jerawat.

Lidah buaya sebagai pembersih make up

Selain sebagai masker gel lidah buaya juga dapat membersihkan make up pada wajah, pembersih make up alami ini sangat aman digunakan dan akan terasa lembut di kulit.

Pudarkan flek hitam dengan lidah buaya

Menyebalkan ya jika wajah kita banyak flek hitamnya, nah temen-temen bisa mengurangi flek hitam diwajah begini caranya, temen-temen ambil gel lidah buaya lalu oleskan pada kulit bagian wajah diamnkan kira-kira 20 menit dan bilas dengan air, lakukan setiap 2 kali sehari.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Selain baik bagi kecantikan. Lidah buaya juga menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat lidah buaya bagi kesehatan:

Mengobati asam lambung

Pernah kan temen-temen merasakan asam lambung yang naik, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Jus lidah buaya yang mengandung efek antimikroba dan dapat menyembuhkan lapisan saluran pencernaan. Dia juga bisa mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain.

Mengobati sariawan

Sariawan bisa disebabkan karna panas dalam ataupun karna gejala kanker tenggorokan, untuk menyembuhkan sariawan temen-temen bisa menggunakan lendir lidah buaya, dengan cara mengoleskannya di area yang terkena sariawan dengan teratur.

Mengobati ruam akibat popok

Saat sikecil rewel karna ruam yang terjadi akibat pemakaian popok? Maka temen-temen bisa pilih krim yang mengandung lidah buaya.

Mengobati sembelit

Temen-temen sembelit? Tenang, lidah buaya bisa loh untuk obat sembelit, tapi harus hati-hati ya, karna kandungan obat pencahar antraquinone yang ada pada lidah buaya sangat tinggi, begini caranya, temen-temen  bisa ambil satu batang lidah buaya, kupas kulitnya, kemudian cuci lalu iris kecil-kecil dan Seduh dengan air panas, untuk menyamarkan rasa getirnya temen-temen bisa menambahkan madu. Minum saat masih hangat.

Mengobati diabetes

Tanaman lidah buaya punya kemampuan hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) yang kuat. Itu karna  Kandungnya seperti kromium dan alprogen, juga dapat berkhasiat untuk menurunkan gula darah oleh karana itu tanaman lidah buaya sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, baik DM tipe 1 maupun DM tipe 2.

Mengatasi gerd

Temen-temen bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati gerd dengan cara mengambil gel lidah buaya dari daun segar dan mencampurnya dengan jus apel atau anggur supaya rasanya lebih enak, dan diminum secara teratur tapi dengan dosis yang di bolehkan ya, karna jika berlebih efeknya bisa berupa diare.

Baca Juga:  10 Manfaat Bunga Lavender Untuk Kesehatan

Mempercepat penyembuhan luka

Oelskan gel lidah buaya yang tidak mengandung alcohol secara merata dan tipis-tipis pada luka terbuka yang sudah dibersihkan. Lakukan secara rutin dua kali sehari , agar luka cepat sembuh.

Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Lidah buaya sangat membantu proses detoksifikasi racun-racun dalam tubuh. Jika racun-racun dalam tubuh sudah keluar maka proses metabolisme tubuh akan meningkat, dengan lancarnya metabolism tubuh maka pencernaan akan sehat dan lemak akan terbakar dengan maksimal.maka konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan bagi temen-temen yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Sumber asam amino yang baik

Lidah buaya mengandung 20 jenis asam amino dan 7 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan manusia. Selain itu, lidah buaya juga mengandung asam salisilat yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Jika temen-temen mangkonsumsi jus atau suplemen lidah buaya secara teratur dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral pada tubuh kita loh. Jika penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh maksimal maka kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Menjaga kesehatan mulut

Pasta gigi atau obat kumur yang mengandung aloe vera dapat mencegah plak pada gigi juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut dan radang gusi.

manfaat lidah buaya

Sumber vitamin C

Lidah buaya sangat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan karna dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat membantu melawan inflamasi atau peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mencegah ulkus di lambung

Kandungan antiradang dan vitamin C pada lidah buaya , mampu mencegah terbentuknya ulkus pada permukaan lambung, untuk mendapat manfaat ini temen-temen bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus.

Menjaga kesehatan kardiovaskular

Lidah buaya sangat membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah dan transportasi oksigen,sehingga terhindar dari permasalahan kardiovaskuler seperti serangan jantung dapat diminimlisir.

Melawan radikal bebas

Lidah buaya mengandung antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan akan melawan radikal bebas pada tubuh dan mencegahnya sel-sel tersebut memburuk menjadi penyakit seperti kanker.

Itu dia 27 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan & Kesehatan yang sangat mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, salam Info Tanam.