Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Tubuh – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat apa saja yang terkandung pada pisang kepok.

Manfaat Buah Pisang Kepok

Kamu pasti tahu pisang kan? Buah-buahan yang hidup di daerah beriklim tropis sangat umum dijumpai di Indonesia. Hampir seluruh wilayah di Indonesia bisa ditanami pisang. Ada banyak jenis pisang yang ditemukan di Indonesia. Pisang memiliki banyak penggemar dan juga bisa diolah menjadi berbagai jenis yang enak dan menyehatkan.

Pisang kepok memiliki tekstur yang keras, namun tetap empuk sehingga bisa disantap lebih enak dan juga rasanya manis. Bentuk pisang ini membengkak dan tidak terlalu lonjong seperti pisang lainnya. Pisang kepok tersedia sepanjang tahun karena pisang kepok tidak mengenal musim.

Pisang kepok tidak hanya satu jenis tetapi ada dua jenis yaitu pisang kepok putih dan pisang kepok kuning. Dari kedua jenis pisang kepok tersebut kandungan nutrisinya sama, hanya saja rasa yang membedakannya adalah pisang kepok kuning lebih manis dan pisang putih rasa yang lebih asam. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung pada pisang kepok yaitu:

Mengatasi Stres

Depresi, stres, dan kecemasan yang berlebihan dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Ketika ini terjadi, pikiran Anda menjadi terganggu dan Anda tidak dapat berkonsentrasi. Apabila saat ini anda merasa lelah karena pekerjaan, permasalahan dengan asmara dan masalah lainnya, maka anda perlu mencoba mengkonsumsi pisang kepok karena hal ini dapat meredakan suasana depresi dan setres yang anda rasakan.

Baca Juga:  14 Manfaat Buah Jambu Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada pisang kepok cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan khususnya pada organ pencernaan. Serat pangan mengubah makanan di dalam perut menjadi gel sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh oleh vitamin dan nutrisi tubuh. Selain itu, feses yang dihasilkan juga lebih lembut namun tidak terlalu encer sehingga sangat baik untuk anda yang memiliki masalah pencernaan.

Mencegah Sembelit

Dalam pisangg kepok terdapat kandungan senyawa pektin yang juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Untuk Anda yang saat ini sedang mengikuti program penurunan berat badan. Perbanyak mengkonsumsi pisang kepok.

Sumber Kalium

Pisang merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung jumlah kalium terbesar dibandingkan sumber makanan lainnya. Bagi Anda yang mengalami gejala kekurangan kalium, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pisang kepok. Kalium merupakan zat endogen yang penting bagi tubuh dan kebutuhannya harus selalu terpenuhi.

Mengatasi Maag

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami gangguan lambung akibat maag, Pisang Kepok juga sangat dianjurkan. Pisang kepok mengandung efek antasid sehingga dapat menetralkan produksi asam lambung yang berlebihan. Pisang kepok juga sangat baik untuk lambung karena mudah dicerna. Pisang kepok bisa kamu makan dengan berbagai cara sesuai selera masing-masing.

Menyehatkan Ginjal

Kandungan kalium pada pisang memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh salah satunya adalah menyehatkan fungsi ginjal. Ginjal membutuhkan kalium untuk meningkatkan kinerja ginjal dalam menyaring sisa metabolisme menjadi urin yang lebih optimal.

Kondisi ini tentunya sangat baik karena proses penyaringan racun dan kontaminan dapat dimaksimalkan sehingga tidak ada resiko penumpukan zat pencemar yang dapat menyebabkan kencing dan batu ginjal. Dalam pisang kepok juga terdapat kamdungan antioksidan fenolik yang dapat melindungi ginjal dengan sangat baik.

Baca Juga:  Manfaat Kulit Manggis yang Baik Untuk Kesehatan

Memperkuat Tulang

Zat prebiotik yang terkandung pada pisang kepok berperan sebagai pemaksimal penyerapan nutrisi dalam tubuh. Salah satu nutrisi yang dapat terbantu dengan mengonsumsi prebiotik adalah vitamin D dan kalsium untuk memperkuat tulang. Bagi Anda yang saat ini memiliki masalah dengan gangguan tulang seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis dan masalah tulang lainnya, mengonsumsi pisang kepok setiap hari bisa mengatasinya.

Mengendalikan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi harus melakukan diet namun memperbanyak asupan pisang kepok. Ini karena kadar natrium dan kalium yang tinggi dapat mencegah peningkatan tekanan darah yang ekstrim.

Menambah Energi

Jika saat ini Anda merasa lemas, lemas, dan sedikit lelah, cobalah makan pisang kepok. hal ini dikarenakan pisang kepok mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat segera menambah tenaga dan stamina. Bagi anda yang kurang bisa mengatasi rasa lapar, pisang kepok bisa dijadikan sebagai sumber makanan sebagai penahan rasa lapar, karena pisang kepok dapat efektif menekan rasa lapar dan memperpanjang efek kenyang.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Tubuh

Memperkuat Imunitas

Mengkonsumsi pisang kepok secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh melalui vitamin B6 dan dapat mengatur sistem pada usus. Tak hanya itu, penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa buah ini dapat menurunkan resiko degenerasi makula terkait usia.

Nah itulah Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Tubuh dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.