Manfaat sledri
Gambar: Jus daun seledri

Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiat

Diposting pada

Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiatTanaman dengan nama lain Apium graveolens ini merupakan tanaman sayur dan juga obat. yang sering dimanfaatkan sebagai penyedap aroma masakan terutama sup. Ada juga sebagian masyarakat mengkonsumsinya sebagai lalap.

Sejarah Seledri

manfaat seledri
Gambar: Daun seledri

Di Indonesia, tanaman ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa kolonial Belanda. Beberapa negara didunia seperti Cina, Korea, Jepang adalah negara yang masyarakatnya paling banyak memanfaatkan tanaman ini. Tak kalah dengan negara-negara tersebut. Di negara-negara Eropa tanaman seledri ini banyak sekali dimanfaatkan dari mulai daun nya sampai umbinya. Itu semua karna mengingat akan kekayaan manfaat yang terkandung didalamnya.

Seledri sendiri dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai tanaman obat dan penyedap masakan. Yang mana oleh linnaeus dideskripsikan dalam edisi pertama Spesies Plantarum. Ia memasukan kedalam golongan suku Umbelliferae. Yang sekarang dinamakan sebagai suku Apiaceae atau suku adas-adasan. Yang mana suku adas-adasan ini selalu identic dengan manfaatnya sebagai obat. Nah berikut ulasan Manfaat Seledri: Tanaman penyedap dengan seribu khasiat yang akan kita bahas dengan lengkap.

Manfaat-manfaat seledri

Sebagai penyedap masakan

Manfaat seledri yang paling akrab dan paling sering kita dengar adalah sebagai bahan pelengkap diberbagai masakan terutama sup. Aromanya yang wangi dapat meningkatkan nafsu makan. Masyarakat Indonesia sendiri sangat banyak menggunakan seledri ini di berbagai masakan khas Indonesia. Contohnya pada masakan soto ayam, bakso, dan berbagai masakan lainya.

Baca Juga:  15 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat seledri terhadap penederita hipertensi sangat lah baik. Hal ini pernah diujikan melalui sejumlah penelitian. Studi mengamati efek pemberian ekstrak biji seledri terhadap tikus yang memiliki hipertensi. Hasilnya ekstrak biji seledri menunjuk kan efek mampu mengontrol tekanan darah tinggi terhadap tikus yang menderita hipertensi.

Bukan hanya ekstrak niji seledri loh yang medapat menurunkan tekanan darah tinggi. Nyatanya daun seledri juga mempunyai kandungan senyawa yang mampu menurunkan hipertensi. Beberapa kandungan dalam daun seledri yang bermanfaat baik bagi penederita hipertensi yakni Apigenin, Mannitol, Apin, Magnesium, Zat Besi, Fetosterol dan senyawa 3-n-butyl phthalide.

Mampu menurunkan kadar gula darah

Kandungan etil asesat yang terkandung didalam daun seledri mampu menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Efeknya cukup bagus loh, beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar gula darah mencapai 20 persen.

Mengatasi kolesterol

Kandungan senyawa 3-n-butyl phthalide pada daun seledri cukup tinggi. Senyawa ini mampu mengatasi kadar lemak dalam darah. Bagi kalian yang merasa terganggu pastinya dengan kolesterol yang tak kunjung turun. Kalian bisa mengkonsumsi jus daun seledri dan mencampurnya dengan wortel misalnya untuk mengurangi aroma pada daun seledri yang unik.

Mengobati nyeri sendi

Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam seledri cukup tinggi. Kandungan minyak atsiri didalamnya cukup tinggi. Dan juga senyawa 3-n-butyl phthalide ikut berperan dalam mengatasi nyeri sendi, gejala reumatik dan juga peradangan sendi.

Antioksidan yang baik

Manfaat sledri
Gambar: Jus daun seledri

Antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C, Beta karoten dan flavonois. Itu mengapa seledri mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit-penyakit akibat radikal bebas.

Baca Juga:  13 Manfaat Buah Jeruk yang Baik Untuk Kesehatan

Pencegah kanker

Radikal bebas yang setiap hari masuk kedalam tubuh manusia cukup lah banyak. Nyatanya itu semua dapat menggangu kesehatan tubuh. Seperti yang sudah kita ulas di atas, kandungan vitamin C, Beta karoten dan flavonois mampu menjadi penangkal radikal bebas. sehingga tubuh kita akan terhindar dari penyakit kanker.

Menjaga kesehatan hati

Manfaat seledri yang berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan hati. Kandungan methanol yang terkandung dalam seledri mampu melindungi hati dari efek karbon tetra klorida dan paracetamol. Dari hasil beberapa penelitian konsumsi seledri mampu untuk menurunkan ketidaknormalan pada hati dengan memperbaiki struktur jaringan hati.

Menjaga kesehatan mata

Bukan hanya konsumsi wortel loh yang mampu menjaga kesehatan mata. Nyatanya kandungan vitamin A pada seledri juga cukup tinggi. Sehingga konsumsi seledri baik untuk menjaga kesehatan mata.

Baik untuk kesehatan lambung

Kandungan ekstrak etanol dalam seledri dalam menjaga lambung menambah sederet manfaat seledri. Ekstrak etanol dalam seledri mampu menjaga lapisan dalam lambung. Itu terjadi karna ekstrak etanol akan menekan produksi asam lambung yang berlebih.

Mencegah infeksi

Diketahui dari beberapa penelitian, biji seledri mangandung antimikroba yang bermanfaat bagi tubuh. bahkan biji seledri telah digunakan dari berabad-abad lalu sebagai antibakteri yang baik. Sepertinya bisa buat obat luka juga ya ?

Nah bagaimana ? masih ragu untuk konsumsi seledri ? masih banyak lagi loh manfaat dari daun seledri yang belum bisa admin bagikan. Sepertinya temen-temen wajib tuh menanam seledri dirumah. Supaya kita selalu punya stok seledri untuk di konsumsi. Berikut artikel Cara Menanam Seledri Organik Dari Sisa Batang & Dijamin Panen .Untuk mendapatkan hasil yang baik dan agar tidak menimbulkan bahaya. Nih mimin kasih sedikit bocoran.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Melati

Dosis Mengkonsumsi Seledri yang Tepat

Agar mendapatkan hasil yang baik, semua harus dengan takaran dan cara yang baik pula. Nah begitu juga dengan mengkonsumsi seledri sebagai obat atau sekedar menjaga kesehatan tubuh.

Misalnya, dilansir laman hellosehat.com jika mengkonsumsi sledri dalam bentuk olahan jus, maka konsumsi harian seledri jangan lebih dari 473 ml.

Nah jika untuk mengatasi kembung, cukup dikonsumsi dengan takaran 1-4 gram saja.

Untuk mengkonsumsi rebusan daun seledri, bisa mengacu pada batas ukuran di atas ya temen-temen. Dan juga yang tidak kalah pentingnya dalam mengkonsumsi apapun. Harus memperhatikan kondisi kesehatan, factor usia dan juga kondisi-kondisi lainya.