Manfaat Sereh yang Belum Banyak di Ketahui

Manfaat Sereh yang Belum Banyak di Ketahui

Diposting pada

Manfaat Sereh yang Belum Banyak di Ketahui – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang manfaat yang terkandung pada daun sereh yang mana belum diketahui banyak orang.

Manfaat Daun Sereh

Daun sereh atau yang disebut juga dengan serai merupakan salah satu jenis tanaman paling populer yang digunakan di negara-negara Asia, termasuk juga dengan Indonesia. Serai mempunyai rasa serta aroma yang khas dan maka dari itu serai sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Meskipun serai hanya dikenal sebagai rasa tambahan dalam sebuah makanan, serai sebenarnya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Serai mempunyai sifat antimikroba, antioksidan, anti-kanker serta anti-inflamasi. Tak hanya itu, serai merupakan salah satu sumber terbaik vitamin A, C, asam folat, zat besi, magnesium, tembaga, kalium, kalsium dan mangan. berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman serai.

Mengatasi Depresi

Manfaat sereh yang pertama dan sangat cocok untuk Anda, yang peka terhadap stres. Sifat dari antidepresan yang terdapat pada sereh dapat menenangkan saraf dan otot, sehingga membuat pikiran lebih jernih dan lebih tenang.

Tidak hanya stres, serai juga dapat mengatasi masalah insomnia.
Teh sereh diminum di pagi hari atau sebelum tidur guna mengatasi masalah ini.

Tak hanya itu hal lain yang dapat diatasi dengan teh serai yaitu dapat menurunkan kadar gula darah, menjaga kolesterol, meredakan masuk angin, serta menjaga kesehatan mulut.

Membantu Sistem Pencernaan

Karena mengandung zat antimikroba, serai juga mendukung fungsi usus serta pencernaan.

Baca Juga:  Manfaat Daun Bidara yang Baik Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi serai secara teratur juga dapat befungsi untuk melawan bakteri jahat serta parasit yang menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare, kelebihan gas di lambung dan lainnya.

Menangkal Penyakit

Aktivitas antioksidan yang terkandung pada tanaman serai dapat melindungi dari antibiotik, yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi teh atau minuman yang mengandung serai juga sangat efektif untuk mengobati diabetes tipe 2, kanker dan obesitas.

Mengusir Nyamuk

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang menularkan ribuan penyakit, salah satunya yaitu penyakit mematikan seperti demam berdarah.

Tahukah Anda bahwa nyamuk membenci aroma serai?
Ya, tingkat antidepresan yang sama dapat mematikan bagi indera perangsang pada nyamuk.

Mencegah Kolesterol

Daun dan akar sereh mempunyai sifat anti-hiperlipidemik serta anti-hiperkolesterolemia yang dapat membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh serai secara rutin dapat menunjukkan hasil yang signifikan untuk mempertahankan kadar trigliserida serta menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Menurunkan Gula Darah

Apabila Anda mencampur teh dengan serai, Anda bisa membuang racun dari pankreas serta dapat meningkatkan fungsinya.

Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah.

Detoksifikasi

Manfaat lain dari serai yaitu bisa membersihkan zat beracun berbahaya yang masuk dalam tubuh.

Detoksifikasi dengan menggunakan tanaman serai dapat mempercepat fungsi dari berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal. Konsumsi teh sereh secara tertaur juga sangat efektif dalam buang air kecil.

Mengobati Imsonia

Selain proses pembersihan, serai juga mempunyai efek menenangkan dan juga dapat membantu Anda untuk tidur nyenyak dan mengatasi insomnia.

Serai juga dapat menyeimbangkan bahan kimia dalam tubuh yang memicu masalah susah tidur.

Baca Juga:  Bunga Desember

Mengobati Penyakit Kulit

Serai juga bisa bertindak sebagai antiseptik serta efektif dalam mengobati infeksi kulit seperti kurap, luka, kudis serta infeksi pada saluran kemih, sebab serai mempunyai sifat antimikroba yang dapat menghilangkan jamur pada tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai mempunyai efek yang baik terhadap infeksi kulit. Jamur patogen pada kulit dapat menghilang apabila Anda rajin menerapkan ekstrak daun serai pada kulit yang sedang bermasalah.

Manfaat Sereh yang Belum Banyak di Ketahui

Anti Kanker

Satu penelitian mengungkapkan bahwa serai mengandung sitral, yang merupakan salah satu obat antikanker yang dapat membunuh sel kanker. Namun tetap mendapatkan sel atau jaringan sehat di tubuh kita.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa minum serai atau air mendidih tehnya saja dapat menyembuhkan kanker secara permanen, namun itu bisa membantu.

Nah itulah tadi Manfaat Sereh yang Belum Banyak di Ketahui dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.