Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya

Diposting pada

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang tata cara menanam bunga wijaya kusuma dan cara merawatnya.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma merupakan bunga yang lebih dikenal dengan sebutan ratu bunga malam. Ketertarikan ini dikarenakan aktivitas hanya satu kali yaitu pada malam hari. Berbeda dengan bunga pada umumnya, mereka lebih aktif dari pagi hingga sore hari dan bisa menikmati keindahan bunga di pagi hari. Berbeda dengan bunga Wijayakusuma yang satu ini hanya bisa dinikmati jika bunganya mekar hanya pada malam hari.

Bunga Wijaya Kusuma memiliki ciri bunga yang sangat besar, berwarna putih seperti gading dan tampak seperti tumbuhan yang eksotis. Tanaman ini masih berhubungan dengan kaktus yang daunnya hijau pipih dan terdapat lekukan kecil dan keras di sekitar daunnya. Karena keunikannya, banyak orang yang tertarik untuk menanam atau bahkan membudidayakan bunga Wijayakusuma.

Bibit Tanaman Wijayakusuma

Di persemaian, tanaman Wijayakusuma yang pertama merupakan proses pemisahan. Pemisahan ini berarti pemisahan antara rumput akar dan rumput benih. Hal ini dapat dilakukan dengan memisahkan bibit dari tanaman induk dan dengan memilih induk yang dapat digunakan untuk persemaian. Anda bisa memilih indukan yang baik dengan memperhatikan kepadatan tanaman yang akan Anda tanam dan postur tanaman yang harus baik.

Persiapan Media Tanam

Setelah proses persemaian selesai, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Untuk media tanam perlu disiapkan tanah dan tempat seperti pot atau polybag atau tanah tanaman. Untuk menghasilkan tanaman berkualitas tinggi yang dapat berkembang secara optimal maka perlu disiapkan media tanam berupa tanah, pupuk organik, humus dan pasir dengan perbandingan 3: 1: 1: 2 yang sudah anda campur dan aduk sampai rata. dicampur.

Baca Juga:  Bunga Panca Warna

Jika Anda akan menanamnya di dalam pot, Anda bisa menggunakan media tanam pasir, sphagnum moss, dan tiang paku.

Langkah Penanaman

Karena tanaman ini masih tergolong tanaman kaktus, maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah penanaman. Agar bunga wijayakusuma bisa tumbuh subur, berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan bibit bunga wijayakusuma ke dalam media tanam, lalu tutup kembali bibit tersebut dengan tanah di sekitarnya.
  • Masukkan benih sedalam 5 cm.
  • Setelah tanam jangan lupa disiram dengan air jernih. Sehingga bibit bunga wijayakusuma bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya

Perawatan dan Pemeliharaan

Proses perawatan untuk bunga wijaya kusua ini tidaklah begitu sulit, anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, yaitu diantaranya.

Penyiraman bunga Wijaya Kusuma bisa dilakukan seminggu sekali karena bunga Wijaya Kusuma termasuk famili kaktus yang tahan panas dan kekeringan.

Gantilah pot setiap 6 bulan sekali agar pertumbuhan bunga lebih optimal. Penggantian pot ini dilakukan agar akar tanaman mendapat ruang gerak seiring dengan pertumbuhan tanaman.

Setelah satu bulan tanam, pupuk kembali bunga Wijaya Kusuma. Saat pemupukan, berikan pupuk NPK sesuai dosis anjuran.

Lakukan penyiangan secara rutin untuk mencegah gulma tumbuh di tanaman dalam pot. Jika dibiarkan tumbuh, gulma dapat menyerap nutrisi di dalam tanah.

Perawatan lain termasuk aplikasi fungisida dan insektisida secara teratur dan memotong bagian tanaman yang sakit.

Nah itulah tadi Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma dan Perawatannya dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.