Cara Menanam Durian Dengan Baik dan Benar

Cara Menanam Durian Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Menanam Durian Dengan Baik dan Benar– Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang cara menanam binahong dengan baik dan benar.

Cara Menanam Durian

Durian merupakan salah satu jenis buah yang sangat enak. Dengan cita rasa yang khas bisa membuat banyak orang menyukainya. Durian merupakan buah yang dapat tumbuh pada ketinggian dibawah 800 mdpl dengan pH tanah sekitar 5 sampai 7. Ada beberapa cara menanam durian. Namun penanaman durian dari biji dipilih karena sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang sudah memiliki pohon durian atau belum.

Pembibitan Durian

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menanam durian dari biji adalah pembibitan. Ada berbagai langkah yang perlu dilakukan di pembibitan ini, yaitu:

Memilih Bibit Unggulan

Saat menentukan bibit durian unggul, kita bisa menemukannya dari bentuk bijinya yang tidak keriput dan masih utuh. Kita juga perlu memastikan bibit yang dipilih berasal dari buah durian yang sehat dan berkualitas baik.

Menyiapkan Benih Durian

Untuk menyiapkan bibit durian sebelum tanam, kita harus menempuh beberapa langkah persiapan yaitu:

  1. Bersihkan daging durian yang masih menempel.
  2. eringkan biji durian hanya dengan sekali tiriskan
  3. Simpan di tempat yang kering selama kurang lebih 2 minggu
  4. Lalu kita bisa melanjutkan

Pembibitan Biji Durian

Saat melakukan penyemaian benih durian pastikan terlebih dahulu bahwa langkah yang diambil sudah benar. Jika langkah-langkahnya telah ditentukan dengan benar, Anda dapat mengatur proses pembibitan dan melakukannya secara langsung.

Baca Juga:  Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui dalam proses pembibitan, yaitu:

  1. Media tanah yang digunakan harus memiliki perbandingan 1: 1
  2.  Agar calon akar tumbang langsung ke tanah, cara penyiraman harus dimiringkan
  3. Sisakan ruang sekitar 2 hingga 3 cm jika persemaian berukuran besar
  4. Hindari sinar matahari langsung dengan menutupinya dengan plastik
  5. Tunggu sekitar 3 minggu untuk memastikan bahwa daun biji durian memiliki 3 helai daun.
  6. Saat penyemaian benih durian dalam polybag, ukurannya tidak perlu terlalu besar.

Proses Penanaman Durian

Media tumbuh durian harus dibersihkan sebelum menanam bibit durian. Gunakan bedengan sebagai saluran air saat hujan agar air hujan tidak menggenang. Anda juga bisa menyemprot tanah dengan basamide untuk menghindari serangan jamur yang bisa menyerang pohon durian. Kemudian tentukan jarak tanam antar benih yaitu antara 10 dan 12 m. Buat lubang untuk memindahkan benih. Setelah tanam, tutupi benih dengan jerami kering. Sirami benih dengan banyak air.

Perawatan dan Pemeliharaan

Untuk perawatan pohon durian tidaklah begitu sulit, diantaranya:

Pemangkasan

Pangkas akarnya untuk mencegah pertumbuhan benih vegetatif yang tidak diinginkan. Pemangkasan ini harus dilakukan selama periode pembungaan awal pohon untuk memaksimalkan hasil durian.

Penyiraman

Biarkan saluran pembuangan menguras air. Untuk bibit yang baru ditanam, siram sehari sekali, sedangkan bibit yang lebih tua bisa disiram 2-3 kali seminggu. Penyiraman dilakukan secukupnya.

Penyiraman yang intens dilakukan pada benih yang baru ditanam. Lakukan penyiraman secukupnya, jangan berlebihan. Dan jangan biarkan air menggenang.

Penjarangan

Penjarangan dilakukan untuk mendapatkan rasa buah durian yang enak dan mencegah pohon durian mati karena jumlah bunga yang dipupuk sangat banyak. Penjarangan dilakukan dengan penyemprotan Auksin A untuk mematikan bunga yang belum dibuahi, sedangkan bunga yang sudah dibuahi masih bisa berkembang menjadi buah.
Penyiangan

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Kertas

Lakukan penyiangan pada ilalang dan ilalang disekitar pohon agar tidak mengganggu pertumbuhan pohon durian. Karena gulma dan tumbuhan liar dapat merampas unsur hara di dalam tanah.

Pemupukan

Anda juga perlu melakukan pemupukan dengan kompos, pupuk hijau dan pupuk kimia lainnya. Setelah 3 bulan menanam durian, Anda juga bisa menambahkan pupuk lain seperti 200 gram pupuk NPK untuk setiap pohon. Lakukan pemupukan rutin dengan NPK ini setiap 4 bulan sekali.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Jika pohon durian terserang hama seperti lebah mini, Anda bisa menggunakan Hostathion 40 EC sebagai pengontrolnya. Seperti hama lainnya, pestisida atau insektisida sudah tersedia untuk mengendalikannya.

Cara Menanam Durian Dengan Baik dan Benar

Proses Panen

Biasanya pohon durian mulai berbunga setelah 8 tahun. Pohon durian hanya berbuah saat musim kemarau. Biasanya buah durian yang matang mengeluarkan bau yang menyengat dan terjadi perubahan warna kulit dan biasanya buah yang masak jatuh ke tanah. Namun jika jatuh ke tanah, buahnya akan rusak dan nilai jualnya akan berkurang. Petani mengikat durian dengan tali dan plastik sebulan sebelum durian matang.

Nah itulah tadi Cara Menanam Durian Dengan Baik dan Benar dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.