Mengenal Pohon Dolar Dan Cara Mengembangbiakkannya

Diposting pada

Mengenal Pohon Dolar Dan Cara Mengembangbiakkannya – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Mengenal Pohon Dolar Dan Cara Mengembangbiakkannya.

Mengenal Pohon Dolar Dan Cara Mengembangbiakkannya

Apakah kalian termasuk penghobi tanaman hias, tetapi tidak punya waktu untuk merawatnya? Mungkin pohon dolar atau nama latinnya zamioculas zamifolia ini bisa menjadi solusi yang tepat. Bagaimana tidak, karena tanaman hias yang satu ini memang tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya.

Tanaman hias ini memiliki banyak keindahan, salah satunya yaitu pada daunnya yang berwarna hijau  dan berukuran simetris yang dapat tumbuh sejajar di batangnya dari bawah sampai atas pangkal dengan jarak dari daun satu kedaun lainnya agak jauh.

Dan pada daun tanaman ini terlihat seperti berurat, berukuran kecil, mengandung banyak air, dan juga tampak mengkilap. Pada saat malam hari, sinar dari lampu yang menyorot kearah tanaman bisa membuat daun-daun pada tanaman terlihat indah dengan kilapan yang menarik.

 Tanaman ini juga memiliki pangkal batang yang bisa membesar sehingga bisa membentuk bonggol yang unik. Semakin rajin merawatnya, maka tampilan pada pangkalnya aka terlihat semakin eksotis.

Selain pohon dolar memiliki tampilan yang unik, kandunga dari daun pohon dolar ini juga bisa dimanfaatkan sebagai berbagai keperluan, diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Dapat melancarkan buang air kecil.
  2. Meneyembuhkan diare.
  3. Mengobati wasir.
  4. Mengatasi mencret.
  5. Sebagai antioksidan.
  6. Menyehatkan usus.
  7. Melancarkan pencernaan.
  8. Sebagai antibakteri.
  9. Menjaga daya tahan tubuh.
Baca Juga:  Tanaman Hias Yang Mudah Untuk Ditanam Dan Juga Cepat Tumbuh

Pernah terdapat juga kabar mengenai tanaman hias yang satu ini, diduga bisa memicu kanker, terlebih leukemia. Namun, pada kenyataannya itu tidak benar, karena hal tersebut sudah di buktikan oleh beberapa penelitian terhadap tanaman tersebut. Bahwasannya menurut penelitian tersebut, pada tanaman ini mengandung oksalat yang dapat mengakibatkan reaksi gatal di kulit, dan terutama bagi yang mempunyai kulit sensitif.

Beberapa bagian dari pohon dolar ini jika tertelan dapat mengakibatkan reaksi keracunan. Jadi damapak buruk dari pohon dolar ini yang paling parah hanya kedua hal tersebut.

Cara Mengembangbiakkan Pohon Dolar

Untuk mengembangbiakkan tanaman ini memiliki tiga cara yaitu sebagai berikut ini.

1. Mengembangbiakkan Pohon Dolar Melalui Stek Daun

Cara ini cukup unik karena hanya menggunakan sebagian kecil tanaman yang dapat dikembangkan menggunakan cara ini. Daun yang sudah tua dan panjangnya 5 – 10 centimeter ditanamkan sebagian kedalam media tanam yaitu berupa media pakis. Dan memerlukan waktu 2 – 3 bulan untuk daun bisa membentuk bonggol. Setelah  mencapai 4 – 5 bulan maka tanaman ini sudah siap dipindahkan.

2. Mengembangbiakkan Pohon Dolar Melalui Stek Batang

Pertama-tama potonglah batang tanaman dengan panjag 15 centimeter, kemudian tanam pada media tanam. Dan batang akan berkembang lalu dan akan ditumbuhi daun-daun.

3. Mengembangbiakkan Pohon Dolar Dengan Memisahkan Anakan Dari Induknya

Jika anakan tanaman sudah mencapai tinggi 20 – 30 centimeter, tanaman sudah bisa dibongkar dan pisahkan anakannya ke tempat lainnya.

Untuk media tanam pohon dollar bisa menggunakan sabut kelapa yang ditambah dengan kompos dan juga arang kasar dengan perbandingan satu banding satu. Kalian juga bisa menggunakan media tanam berupa media pakis halus.

Perawatan Pohon Dolar

Agar daun dapat terlihat menarik, kalian bisa menggunakan tisu yang sudah dibasahi yang kemudian gunakan untuk mengelap daunnya. Sesekali kalian membasuh daunnya menggunakan tisu yang telah dibasahi dengan susu. Susu bisa membuat daun lebih terlihat mengkilap.

Baca Juga:  Buah Kesemek

Nah, itulah tadi Mengenal Pohon Dolar Dan Cara Mengembangbiakkannya dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.