Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera

Diposting pada

Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera.

Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera

Tanaman indigofera adalah salah satu tanaman yang penting dalam kehidupan manusia, tanaman ini tergolong kedalam jenis tanaman polong atau kacang-kacangan. Karena bentuk dari buah tanaman indigofera yaitu berbentuk polong.

Ciri-ciri dari tanaman indigofera ini adalah tanaman yang tumbuh tegak, memiliki cabang yang banyak dan juga akarnya yang bisa tumbuh panjang ke dalam tanah. Tumbuhan ini memiliki daun yang berwarna hijau terang dan memiliki bunga berwarna ungu. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 2 meter dan dengan diameter kayunya bisa yang bisa mencapai ukuran 20 centimeter.

Tanaman indigofera mempunyai banyak jenis, yaitu sekitar 700 jenis. Namun yang mudah ditemui hanya beberapa saja, yaitu seperti Indigofera australis, Indigofera zollingeriana, Indigofera arrecta, Indigofera natalensis, Indigofera tintcoria, Indigofera stragalina, dan Indigo spicata.

Tanaman Indigofera Terbagi Menjadi 3 Kelas

Kualitas Pertama (Mengandung 31 protein)

Tanaman yang hanya bisa dipanen dibagian daun saja dan bisa dipanen pada usia 1 bulan.

Kualitas Kedua (Mengandung 26 – 27 protein)

Pohon indigofera yang hanya bisa daiambil pada bagian daun dan batang yang ukurannya kecil.

Kualitas Ketiga (Mengandung 20 protein)

Tanaman indigofera yang hanya bisa dipanen pada bagian daun dan batang, dan dipanen setiap 2 bulan.

Tanaman indigofera merupakan hijauan pakan ternak yang berjenis leguminosa, pohon yang mempunyai nutrisi yang tinggi. Rata-rata tinggi pohon indigofera ini yaitu sedang, namun mempunyai daun yang lebat dan juga bisa berproduksi banyak. Selain itu juga, pakan ternak yang murah dan berkualitas ini bisa menurunkan biaya untuk produksi pakan, karena hanya dengan 1 hektar tanaman indigofera ini bisa cukup untuk 10 ekor sapi, dan jika dibandingkan dengan 1 hektar rumput hanya cukup untuk 1 ekor sapi biasanya, jadi bisa sangat produktif dan efisien.

Baca Juga:  Cara Menanam Lavender di Indonesia Dengan Baik dan Benar

Keunggulan Dari Tanaman Indigofera

  1. Mengandung mineral yang sangat ideal untuk kebutuhan ternak. Dan bisa membantu pertumbuhan ternak menjadi lebih optimal.
  2. Bagus untuk penggemukan ternak, karena mengandung protein yang tinggi.
  3. Mempunyai nilai kecernaan yang tinggi, jadi akan banyak nutrisi yang bisa diserap oleh ternak dibandingkan dengan yang terbuang bersama kotoran.
  4. Mengandung tanin yang sangat rendah yaitu sekitar 0,6 – 1,4 ppm, jadi jauh dibawah taraf yang bisa menimbulkan sifat anti nutrisi. Sehingga dengan rendahnya tanin ini maka akan berdampak positif terhadap palatabilitasinya dan disukai ternak.
  5. Untuk produksi pakan indigofera seluas 1 hektar dalam satu kali panen bisa menghasilkan 12 ton dan untuk waktu tanamnya membutuhkan 40 – 50 hari dan nilai harganya Rp.400 per kilogram, sehingga dalam satu kali panen bisa menghasilkan Rp.4.800.000 atau dalam satu kali panen perbulannya Rp.3.600.000.
  6. Dalam per tahunnya produksi hijauan ini yang akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan sejenis tanaman lainnya dan mampu panen hingga 9 kali panen per tahunnya dan juga mempunyai protein yang sangat tinggi. Karena tidak ada bahan berbahaya untuk ternak maka hewan ternak lainnya bisa juga mengkonsumsi pakan ternak ini.
  7. Selain itu tanaman ini juga bisa berfungsi untuk konservasi kawasan, hal ini dikarenakan bisa menjadi tanaman penahan erosi dan juga bisa untuk memperbaiki struktur pada jalan.
  8. Toleran pada wilayah yang minim air, sehingga untuk membudidaya tanaman indigofera ini sangat cocok untuk dijadikan alternative pakan disaat musim kemarau.
  9. Bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk pewarna alami pada kain.
  10. Indigofera juga dapat digunakan sebagai bobat kesehatan, seperti berikut ini:
  • Indigofera articulate bisa mengobati sakit gigi.
  • Bisa mengurangi bengkak akibat sengatan serangga maupun gigitan ular dapat diobati dengan indigofera oblongifalia.
  • Indigofera arrecta dapat mengobati penyakit tukak lambung.
  • Pada bagian dari indigofera brevicalyc dan indigofera swaziensis bisa digunakan untuk digunakan sebagai sikat gigi.
Baca Juga:  Jenis Jenis Bunga Dahlia Terpopuler Dan Cara Menanamnya

Nah, itulah tadi Pengertian Dan Keunggulan Dari Tanaman Indigofera dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.