Tanaman Obat Sinusitis

Jenis Tanaman Obat Sinusitis

Diposting pada

Jenis Tanaman Obat Sinusitis – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang jenis tanaman apa saja yang dapat digunakan untuk obat sinutasi.

Tanaman Obat Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit pernapasan akibat peradangan pada saluran sinus. Penyakit ini menyebabkan obstruksi jalan napas dalam jangka panjang. Sinusitis disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang di daerah hidung yang basah sehingga daerah tersebut menjadi terinfeksi.

Infeksi bakteri bakteri biasanya menunjukkan berbagai gejala seperti batuk, alergi, sakit kepala, dan lain-lain. Pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan operasi atau menggunakan pengobatan alami. Berikut beberapa obat sinusitis yang terbuat dari bahan alami.

Acai Berry

Mengandung senyawa antosianin yang merupakan senyawa super antioksidan. Senyawa super antioksidan ini dapat menghilangkan radikal bebas yang secara oksidatif merusak tubuh Anda dan merupakan penyebab penyakit dan infeksi.

Antosianin juga memiliki efek anti-inflamasi yang sangat kuat, yang membantu pencernaan protein dan mengurangi peradangan. Selain itu, antosianin dapat membantu mencairkan lendir dan mengurangi pembengkakan di area sinus.

Daun Sambiloto

Anda bisa menggunakan daun sambiloto untuk pengobatan penyakit sinus. Tanaman ini dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk sinusitis.

  1. Caranya adalah dengan menghaluskan daun sambiloto sampai benar-benar halus.
  2. Kemudian peras airnya dan teteskan ke lubang hidung yang terkena sinusitis.
  3. Jus tanaman ini akan terasa pahit saat mencapai kerongkongan, namun diyakini obat ini sangat efektif untuk pengobatan sinusitis.

Manggis

Manggis mengandung senyawa xanthone. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, antialergi, dan antijamur.

Baca Juga:  Pengertian Dan Manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Selain itu, aktivitas antioksidan dalam Xanthone sangat kuat, sehingga sangat baik untuk memperkuat seluruh sistem kekebalan tubuh dan efektif dalam pengobatan sinusitis.

Apel

Manfaatnya banyak untuk asupan nutrisi tubuh kita. Bagi Anda yang sedang mencari obat sinusitis secara alami, manfaat cuka sari apel bisa menjadi alternatif obat sinus yang bisa Anda manfaatkan. Cuka sari apel dipercaya dapat membersihkan lendir di saluran pernapasan, mengurangi jumlah lendir dan membuat sinusitis mudah disembuhkan.

  1. Cara mengatasi cuka sari apel terhadap penyakit sinus, bisa dilakukan dengan pengobatan herbal.
  2. Ambil 2 sendok teh cuka sari apel, 1 sendok teh madu dan air secukupnya.
  3. Campur ketiga bahan tersebut dalam satu wadah hingga tercampur rata.
  4. Minumlah campuran ini setidaknya tiga kali sehari sampai infeksi sinus Anda benar-benar sembuh.

Anggur

Anggur mengandung berbagai jenis metabolit sekunder, terutama flavonoid, antosianin, dan resveratrol.
Kandungan senyawa ini sangat efektif membunuh berbagai jenis virus, kuman dan bakteri penyebab radang sinus.

Sereh/Serai

Serai atau Lemongrass merupakan salah satu tanaman herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk pengobatan sinusitis. Untuk membuat obat tradisional serai.

  1. Caranya anda perlu menyiapkan hingga 5 batang serai.
  2. Selain itu, gunakan beberapa bahan tambahan seperti serai berdaun 7, 17 biji cengkeh, 3 jeruk nipis dan 2 jari jahe.
  3. Cuci semua bahan dan masak hingga airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini 3 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Black Plum

Buah plum banyak mengandung vitamin C, asam malat, asam oksalat dan tanin, selain itu buah plum juga mengandung asam ferulat yang bekerja melawan bakteri, jamur dan bakteri serta dapat mengatasi peradangan pada rongga sinus.

Tanaman Obat Sinusitis

Bawang PutihSin

usitis juga bisa disembuhkan dengan bawang putih. Bahan alami yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini sangat efektif untuk pengobatan sinusitis.

  1. Caranya: tambahkan 5 siung bawang putih, 10 g jahe dan 60 g daun bawang.
  2. Rebus ketiga bahan tersebut dengan 6 gelas air hingga tersisa separuh airnya.
  3. Minumlah setelah dingin rebusan campuran tersebut secara rutin 2 kali sehari.
Baca Juga:  Manfaat Kurma Muda Untuk Kesehatan

Guarana

Mengandung senyawa guaranine dengan khasiat meningkatkan energi dan stamina untuk menjaga metabolisme tubuh bagi penderita sinusitis.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk pengobatan sinusitis. Di dalam tanaman ini terdapat bahan aktif yang efektif untuk pengobatan sinusitis.

  1. Cara merebus daging lidah buaya dengan air secukupnya.
  2. Kemudian minum air rebusan lidah buaya selagi masih hangat dan sisakan sedikit untuk tetes di hidung.

Nah itulah tadi Jenis Tanaman Obat Sinusitis dari Info Tanam. Semoga pada penjelasan tadi bisa di pahami, bisa membantu kalian untuk bisa mencari tanaman yang sesuai kebutuhan kalian. Dan jika terdapat kesalahan pada penulisan atau yang lainnya mohon dimaafkan, sekian dan terimakasih.