Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul

Diposting pada

Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul – Para Pembaca yang kami banggakan, Info Tanam kali ini akan menjelaskan tentang Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul.

Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul

Memilih bibit tanaman yang unggul merupakan poin utama kesuksesan berkebun. Namun tidak semua bibit tanaman dapat tumbuh menjadi tanaman yang unggul dan juga berkualitas.

Bibit tanaman yang unggul ini bisa dilihat dari tanaman  yang mudah tumbuh dan berkembang, masa pembungaan hingga berbuah dengan cepat, ataupun dari ketahanan tanaman terhadap hama.

Dalam memilih bibit tanaman yang unggul juga harus memperhatikan karakteristik dari tanaman dan lahan tempat yang akan ditanam.

Untuk dapat memilih bibit tanaman yang unggul bisa kalian perhatikan beberapa tips berikut ini.

7 Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul

Perhatikan Daun Pada Bibit Tanaman

Pastikan daun pada bibit tanaman dalam keadaan sehat. Indikatornya yaitu pada daunnya berwarna hijau cerah atau biasanya pada bagian pucuk daun warnanya hijau kemerahan.

Pastikan  juga pada daunnya tidak menggulung, karena untuk daun yang sehat daunnya tidak menggulung.

Hindari atau jangan memilih bibit tanaman yang daunnya rusak terkena hama atau gigitan ulat.

Perhatikan Batang Pada Bibit Tanaman

Untuk memastikan batang bibit pada tanaman yang sehat yaitu tidak ada bekas sambungan dan batang yang baru-baru tumbuh tumbuhnya tegak lurus dan juga tidak bengkok.

Baca Juga:  Hidroponik Sederhana

Pilih bibit tanaman yang sudah mempunyai cabang, karena bisa dipastikan bahwa bibit tanaman tersebut dalam kondisi sehat.

Dan jika batang pada bibit tumbuhan ditumbuhi jamur berarti bibit tanaman tersebut tidak baik.

Kemudian untuk kedepannya, bibit yang sehat akan tumbuh dengan bentuk yang proporsional.

Perhatikan Ranting Pada Bibit Tanaman

Pilihlah bibit tanaman yang rantingnya tumbuh sejajar dan juga merata. Kondisi ranting yang seperti ini akan menentukan banyaknya buah yang bisa dihasilkan.

Ranting yang menguncup juga pertanda ranting bibit tanaman yang subur dan juga berpotensi dapat tumbuh dengan subur, berarti tanaman tersebut mempunyai pertumbuhan yang baik.

Perhatikan Akar Pada Bibit Tanaman

Bibit yang berkualitas bisa diperhatikan dari akarnya yaitu yang mempunyai akar serabut banyak, dengan begitu bisa dilihat bahwa tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur.

Perhatikan Buah Pada Bibit Tanaman

Jika kalian membeli bibit tanaman yang sudah berbuah, maka kalian harus memperhatikan buahnya, pastikan buahnya itu tumbuh dengan ukuran normal, kulit buahnya berwarna cerah, dan rasanya pun sesuai.

Membeli Bibit Dalam Bentuk Biji

Jika membeli bibit yang bentuknya masih biji bisa cukup mengecoh, hal tersebut dikarenakan tidak ada ciri-ciri fisik yang dapat dilihat.

Untuk mengetahui biji tersebut adalah bibit yang unggul kalian bisa menggunakan cara merendam biji bibit tersebut kedalam air.

Dan bibit yang berkualitas baik maka bijinya tidak akan mengapung tetapi tenggelam.

Dan jika kalian ingin membeli bibit dalam bentuk biji, lebih baik kalian membeli bibit dalam bentuk biji yang sudah bersertifikat oleh pihak pertanian yang bersangkutan

Membeli Bibit Vegetatif

Jika dibandingkan dengan membeli bibit yang berbentuk biji, lebih baik membeli bibit vegetative.

Baca Juga:  Cara Budidaya Pare di Polybag

Pada bibit yang sudah melewati teknik vegetative ini cenderung lebih cepat berbuah dibandingkan membeli bibit yang berbentuk biji ataupun yang dikembangkan secara generative.

Jadi, jika dibandingkan dengan membeli bibit yang berbentuk biji, akan lebih baik jika kalian membeli bibit yang dikembangkan secara vegetative atau secara generative, jika kalian ingin tumbuhnya lebih cepat.

Nah, itulah tadi Tips Memilih Bibit Tanaman Yang Unggul dari Info Tanam. Semoga bermanfaat.